Jenius BTPN, Satu Rekening Sejuta Fitur

Mau dapet saldo gratis tanpa syarat? Masukkan kode referral $nbst saat daftar rekening Jenius

Yak ini nulis reviewnya telat banget sih karena sebuah kemageran wkwk. Tapi gapapa, malah sekalian bisa review fitur2 barunya. Ngomong2 tentang Rekening Jenius, merupakan salah satu produk keuangan milik BTPN yang ditargetkan untuk kawula muda alias generasi milenial yang ngga akan pernah bisa lepas dari gadget. Oke, mesti ada beberapa yang udah nanya apa gak salah tulis tuh BTPN. Enggak kok, beneran BTPN. Bank Tabungan Pensiunan Negara. Lah terus rekening Jenius untuk persiapan pensiun dong?

Bukan! Aku sendiri juga bingung kenapa BTPN melebarkan sayap selebar ini. Jenius merupakan salah satu produk perbankan dari BTPN berupa digital banking. Mereka menamainya Banking Reinvented. Jadi kita diharuskan untuk menginstall aplikasinya yang dapat diunduh melalui Play Store atau Appstore. Setelah itu, kita diminta untuk registrasi alias pembukaan rekening. Iyaa enggak salah kok, buat buka rekening enggak perlu dateng ke bank. Cukup melalui aplikasi ini yang nggak akan lebih dari 10 menit. Siapkan aja KTP, selembar kertas putih & bolpoin, kartu NPWP kalo punya, dan wajah buat selfie. Tenang, selfie nya sendiri aja kok ga sama pacar hehe :p Setelah registrasi (jangan lupa masukin kode referral $nbst biar dapet saldo gratis tanpa syarat kalo promo ini masih ada), terus kalian harus aktivasi rekeningnya. Ada 2 cara, dateng ke booth atau lewat video call. Dulu booth2 Jenius hanya ada di Jabodetabek, tapi sekarang hampir ada di seluruh kota2 besar di Indonesia. Kalo cuma sekadar dateng ke booth aja mager, yaudah pake video call aja. Simple!

Setelah aktivasi berhasil, selamat! berarti rekeningmu udah jadi. Cara isi saldonya gampang banget, yaitu transfer dari bank lain. Nomer rekening bisa cek di aplikasi Jenius. Tips: kalo mau gratis top up saldo bisa via OVO karena ga ada biaya, klik sini untuk reviewnya. Bisa setor tunai di bank ngga? Bisa, cuman kan BTPN tuh cabangnya dikit jadi agak susah nyarinya. Sama nyari pacar susah mana? Bodo amat!

Kartu debit nanti akan dikirim ke rumah. Tunggu aja dengan sabar hehe. Bakal dapet kartu visa yang ada nama kita. Kartu debit ini cukup powerfull, cuma ada 1 kelemahannya: desainnya sama semua 😀 Oke mari kita bahas fiturnya satu per satu:

1. GRATIS transfer ke bank apapun & tarik tunai di ATM manapun

Ini fitur yang paling favorit versiku! Gratis transfer ke bank apapun, ini bener2 bikin hidup makin hemat. Apalagi buat yang harus sering transaksi. Bayangin deh kalo kita pake rekening lain terus kena fee 6,5rb. 10x aja udah bisa buat makan bakso seminggu berturut2 wkwk. Tarik tunai di ATM manapun juga gratis. Kalo nemu ATM BCA ya tinggal tarik di situ, nemunya Mandiri ya tinggal tarik di situ. Bener2 memudahkan. Eh tapi, sayangnya belakangan ini ada syarat minimal saldo untuk bisa menikmati fitur ini. Ini dia syaratnya

2. Cashtag

Keren banget ni fitur cashtag, bener-bener inovasi yang jenius. Males amat kan ya ngafalin nomor rekening yang panjang kayak kereta macam no rek BRI gitu wkwk. Tapi sewaktu daftar kemaren, kebetulan aku dapet nomor rekening yang cukup cantik hehe. Cashtag ini semacam username gitu yang bisa berfungsi selayaknya nomor rekening. Tentu aja cashtag bisa dikustom sesuka hati selama belum ada nasabah sebelumnya yg udah pake nama yg sama. Sayangnya, fitur ini cuma bisa dipake buat transaksi ke sesama rekening Jenius. Oh ya, kalo nomor rekeningnya merupakan nomor rekening BTPN. Jadi kalo mau transfer antar bank, bisa pakai kode bank BTPN yaitu 213.

3. Kartu Debit Visa & Kartu Tambahan

Ini the one and only deh kayaknya, meski kita cuma punya 1 rekening tapi kita bisa punya banyak kartu debit. Kita bakal dapet kartu utama yang warnanya oren itu, tapi juga boleh mengajukan tambahan kartu. Nah saldo di masing2 kartu ini bisa kita kelola via aplikasi. Keren sih ini! Bakal berguna kalo misalnya kita mau minjemin kartu ke adek, kasih aja kartu tambahan & isi saldo sesuai keperluan. Makin kece lagi, kartu debit visa ini bisa kita gunain selayaknya kartu kredit. Sangat membantu buat yg mau belanja online di amazon misalnya, atau yg subscribe apps, ato beli koin games tapi ga punya kartu kredit  😀 Oh ya, kartu debit visa ini juga bisa dipake buat verifikasi paypal loh 🙂

4. Saldo Aktif, Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver!

Keliatannya rumit tapi aslinya engga, malah menguntungkan juga! Saldo aktif itu yang bisa kita tarik sewaktu2, bunganya sekitar 1% pa. Kalo flexi saver tu semacam deposito gitu tapi bisa kita taruh dan pindahin ke saldo utama sewaktu2 tanpa kena penalty dan tetep dapet bunga karena bunganya dihitung harian, bunganya sekitar 5% pa. Kalo dream saver mirip tabungan rencana kalo di bank2 lainnya, bedanya ini gampang banget bikinnya dan bunganya juga lumayan, 5% pa. Misal kamu mau beli motor seharga 25jt, nah bisa bikin dream saver ini, jadi cara kerjanya kamu bakal “dipaksa” nabung sekian rupiah dalam sekian hari untuk mencapai 25jt tadi. Nominal per bulan dan jangka waktu bisa diatur sesuka hati. Ini akan sangat membantu kita buat tertib nabung 😀 Terakhir, maxi saver ini selayaknya deposito. Min 10 jt dan kita bisa pilih jangka waktunya berapa bulan. Kalo ditarik sebelum jangka waktu ga kena penalty tapi bunganya ga dibayarkan. Bunga untuk maxi saver gede banget lho, up to 7% pa. Ini paling gede dari bank manapun. Semua yang aku jelaskan tadi bisa dikontrol hanya via apps. So kalian bisa bikin deposito sambil duduk di rumah, ato sambil lari pagi, sambil kayang juga boleh kalo ga pegel :p

Bunganya halal ga bro? Waa ini panjang jawabannya. Sesuai dengan keyakinan masing2 aja. Ada beberapa pendapat yang menganggap (termasuk aku) bunga itu tergolong halal karena faktor2 inflasi, risiko, dll. Tapi banyak juga pendapat yang bilang kalo bunga apapun haram karena riba. Padahal menurutku konsep syariah itu ga sesederhana akad, bagi hasil, dan dimulai dengan bismillah. Boong dong kalo ngakunya bagi hasil dan pake akad tapi ujung2nya nilai nisbah setara bunga. Pada konsep syariah, sebenarnya bukan bagi hasil yang terpenting, tapi bagi rugi. Sayangnya penerapan bagi rugi ini susah banget dan memicu moral hazard. Oke lah pan kapan aku bikin tulisan tentang syariah. So mau meyakininya seperti apa tuh terserah masing2 krn ini soal keyakinan, yang penting ngerti ilmunya dengan benar, karena banyak juga yang garis keras tapi ga ngerti konsep sebenernya kayak gimana.

5. Multi currency

Ini fitur baru, jadi kita ga cuma bisa nabung rupiah. Tapi bisa nabung valas, pilihannya ada SGD, USD, JPY, dan masih banyak lagi. Cara nabungnya pun ga harus punya dolar dulu, tapi bisa beli dengan saldo rupiah via aplikasi, dan rate nya bagus lho! Rekening multi mata uang ini akan berguna kalo kita baru pergi ke luar negeri, bisa tarik tunai di ATM sana tanpa perlu kena exchange-rate yang kadang2 rada bikin nyesek wkwk.

6. Flexicash

Ga cuma urusan nabung. Jenius punya fitur Flexi Cash dalam 1 rekening. Bener2 rekening yang integrated banget dah! Kita bisa pinjem duit tanpa ribet dateng ke bank bawa jaminan. Setiap nasabah punya limit pinjaman dan dikenakan bunga yang beda2 untuk fitur ini. Nih misal limit yg aku dapet 50jt. Aku belum pernah make fitur ini meski dikasi limit yg cukup gede, krn merasa belum perlu utang dan utang itu bunganya gede wkwkwk. Mending hidup hemat, ya ga? 😀

7. Split Bill & Pay Me

Terakhir, fitur yang ga kalah kece tuh Split Bill & Pay Me. Tujuannya buat nagih ke orang lain yang punya utang ke kita. Kan sering tu gaenak mau nagih orang wkwk. Sayangnya 2 fitur ini cuma bisa dipakai buat sesama pengguna Jenius.

MINUS

Karena aku bukan reviewer berbayar jadi ya harus jujur hehe (kode buat Jenius biar ngetransfer ke rek ku wkwk). Karena fiturnya banyak, tampilan aplikasi jenius kadang2 agak membingungkan kalo belum terbiasa. Aplikasinya cukup mulus & lancar jaya meskipun ga selancar BCA. Soal fitur gratis transfer dan tarik tunai, dulu awal2 tu gaada syaratnya, sekarang mulai bersyarat. Entah Jenius bakal menarik lagi apa engga kalo gratis transfer & tarik tunai ini udah gaada. Ya kan mereka lagi bakar2 duit 😀 Tapi selama masih ada mending kita manfaatin aja hehehe :p

Minus yang lain adalah promonya sekarang tu dikit banget dan ga terlalu menarik wkwk. Meski bagus buat dijadikan rekening utama, tapi alangkah lebih nyaman kalo punya rekening lain selain Jenius, entah apapun itu. Soal keamanan ga perlu aku bahas lah ya, Jenius ini punya BTPN dan simpanannya pun dijamin oleh LPS.

Disclaimer: Tulisan ini murni review dari pengalaman pribadi, tidak berafiliasi dengan pihak manapun. Tulisan ini juga ga membujuk, memaksa, mempengaruhi pembaca untuk jadi nasabah Jenius krn itu keputusan masing2, tulisan ini hanya sekadar nambah wawasan. Promo referral bisa berubah/dihapus sewaktu2 oleh pihak Jenius.

9 komentar pada “Jenius BTPN, Satu Rekening Sejuta Fitur”

  1. Saya juga sudah pakai BTPN Jenius sejak April 2017, selama menggunakan BTPN Jenius saya bisa memanfaatkan cashback EVERYYAY, salah satunya adalah top up dapat cashback 6500 setiap hari Senin kalau isi minimal setengah juta rupiah.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar